Langkah pertama yang berhubungan dengan pengobatan pH dan penggunaan soda kue adalah memastikan apakah tubuh Anda berkondisi asam atau tidak. Jika tubuh Anda berkondisi asam maka ikutilah petunjuk untuk mengembalikan kondisinya sedekat mungkin ke 7,4. Tubuh yang berkondisi asam dapat merasakan berbagai gangguan kesehatan, termasuk kelelahan. Ini biasa terjadi pada orang yang bekerja dan berolah raga terlalu keras. Tubuh yang terlalu asam dikenal adalah faktor pada osteoarthritis dan rematik. Sementara fokus biasanya pada makanan yang bersifat asam, permasalahannya mungkin bisa jadi akibat tubuh berada dalam kondisi kapasitas rendah dalam menghasilkan buffer asam. Tubuh yang sehat seharusnya dapat mentolerir makanan asam seperti sitrus dan tomat. Kadar pH cairan tubuh manusia sehat seharusnya berada di antara 7,1 dan 7,5.

Sel-sel pada tubuh yang sehat seharusnya bersifat alkali. Ketika berpenyakit pH sel di bawah 7,0. Semakin asam sel, tambah kita akan merasa sakit. Kita dapat menjaga kesehatan dengan memakan makanan yang 70-80% alkali dan 20-30% asam. Kebanyakan pola makan raw food kebanyakan adalah makanan yang membentuk sifat alkali. Ketika sehat, pH darah akan 7,365, pH cairan spinal akan 7,4, dan pH air ludah akan 7,4. Pengukuran pH darah yang ideal ini artinya ia lebih alkali dibandingkan asam.

Dr. Robert Young
Tubuh yang menderita tingkat keasaman tinggi masih bisa dinetralisir melalui proses pembuangan asam berlebih dari tubuh. Ini dapat dicapai melalui kebiasaan makan yang sehat. Kebiasaan memakan makanan yang kaya alkali adalah program diet yang sempurna karena tubuh yang bersifat alkali dapat membantu mengurangi toksin dan memperkuat sistem imun.    Agar tetap sehat secara penuh, kita perlu menjaga keseimbangan kimiawi tidak hanya dalam perut namun juga seluruh system tubuh kita juga. Pembersihan dari dalam harus dilakukan untuk mengembalikan keseimbangan pH sehat kita melalui pola makan berkadar alkali untuk hasil jangka panjang terbaik. Kita dapat membimbing dan mempercepat proses ini dengan sodium bikarbonat, namun dalam jangka panjang sodium bikarbonat tidak bisa menggantikan kebiasaan makan yang tepat.

Dosis oral sodium bikarbonat digunakan untuk memulai pengembalian tubuh kepada kondisi alkali, diikuti dengan pola makan bersifat alkali yang tepat untuk perawatan. Sodium bikarbonat memberikan tubuh apa yang yang tidak ia dapatkan melalui Diet Standar Amerika (SAD—Standard American Diet).

Direkomendasikan mengkonsumsi hingga 1,8 sendok the per gelas 8 oz, dengan seperempat jeruk lemon (untuk menyeimbangkan sodium dengan kalium) dan tidak lebih dari 1½ hingga 2 sdt per periode 24 jam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s