Sumber Kementerian Kesehatan mengatakan, pusat pengobatan kanker di Indonesia baru dapat melayani 15 persen pasien kanker (Kompas, 2013). Dengan adanya ECCT ini nasib pasien kanker yang selama ini belum terlayani setidaknya masih mempunyai harapan. Meskipun tidak menjanjikan 100% kesembuhan, paling tidak ada harapan baru yang ditawarkan untuk para penerima anugerah kanker oleh hadirnya alat ECCT ini.

Berikut adalah data terbaru yang dikeluarkan oleh Edwar Technology mengenai tingkat keberhasilan pasien yang menggunakan ECCT :

Tabel 1. Tingkat Keberhasilan Penggunaan ECCT

Tingkat Keberhasilan Penggunaan ECCT
sumber: Edwar Tech (2015)

Dari total 3183 pengguna ECCT, 11% diantaranya mengalami perburukan atau kondisinya secara umum bermasalah. Tabel dibawah ini merupakan kategori atau klasifikasi kondisi pengguna ECCT yang kondisinya mengalami penurunan.

Tabel 2. Jenis Problem/ Perburukan

Jenis Problem ECCT, Jenis Perburukan ECCT
sumber: Edwar Tech (2015)

Berikut adalah pengalaman pada tahun 2014 mengenai faktor yang menyebabkan penurunan kondisi pengguna ECCT serta bagaimana seharusnya menyikapi berbagai perubahan yang terjadi dalam tubuh akibat reaksi yang ditimbulkan oleh alat ini berdasarkan pengalaman beberapa pengguna ECCT dan pengalaman penulis pribadi:

  1. Luka yang terjadi biasanya tak berlangsung lama dan sel kanker juga sudah mati. Jadi tinggal sabar menanti dan menjaga kebersihan agar tak terjadi infeksi.
  2. Yang mengalami sel mati menumpuk sepertiku, tinggal memutuskan apakah mau menjalani operasi saat aktivitas sel sudah mencapai tingkat 0.1, kalau dirasa mengganggu, atau biarkan saja sampai hilang sendiri. Saya pilih mendiamkan saja. Nanti juga hilang sendiri.
  3. Coverage yang tidak bagus dapat diantisipasi dengan menggunakan selimut untuk mencegah penyebaran. Ini pun sempat aku lakukan.
  4. Pengguna dapat diedukasi lebih detil dengan melarang terapi-terapi yang tak sejalan dengan penggunaan ECCT seperti pijat refleksi.

Terlepas dari beberapa kondisi perburukan yang dialami beberapa pengguna, namun secara keseluruhan angka ini adalah angka yang memberikan harapan yang sangat baik bagi para penderita kanker. Dengan riset yang terus dikembangkan oleh C Care kita harap angka yang mengalami remisi total terus meningkat dan angka yang mengalami masalah terus menurun.

Untuk data lebih lengkap mengenai tingkat keberhasilan ECCT ini berdasarkan klasifikasi jenis kanker bisa di unduh di link berikut :

https://www.dropbox.com/s/5ytpw2i525idg18/Profil%20pengguna%20ecct.pdf?dl=0

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s